SIBISCO

img-1486021502.png

Mencermati kondisi bangsa Indonesia saat ini, dimana jumlah wirausahawan yang masih minim dan menghadapi MEA 2016 kita diyakinkan bahwa bangsa ini membutuhkan lebih banyak lagi wirausahawan untuk mempercepat kemajuan perekonomian suatu bangsa. Kita bercemin dengan jumlah wirausahawan di luar negeri, seperti Amerika Serikat yang merupakan negara maju di dunia, mencapai sekitar 11 persen. Jumlah wirausahawan di Singapura juga tinggi, mencapai 7 persen, dan di Malaysia mencapai 5 persen. Sementara jumlah wirausahawan di Indonesia hanya sekitar 0,24 persen. Jumlah itu lebih rendah dibandingkan dengan jumlah wirausahawan di beberapa negara luar yang tingkat pertumbuhan ekonominya tinggi. Oleh karena itu dibutuhkan komunitas yang mewadahi para alumni yang rindu dan memiliki panggilan untuk berwirausaha.

Komunitas ini mulai dirintis setelah Kamp Nasional Alumni tahun 2000, hasil dari tindak lanjut sesi kapita selekta wirausaha. Komunitas ini diberi nama SYOB (Starting Your Own Business) dan melakukan berbagai aktivitas untuk menginisiasi berbagai kegiatan pengembangan entrepreneurship alumni, khususnya mendorong agar alumni-alumni banyak yang berani terjun dalam kewirausahaan, mengadakan pelatihan dan pembimbingan dilakukan agar alumni yang mau menjadi entrepreneur punya kemampuan untuk berhasil dan berkembang.

Dalam perkembangannya SYOB ini bertransformasi menjadi Graduate Entrepreneurship Center (GEC) dan menjadi bagian dari program Divisi Bisnis Graduate Center (GC). Berbagai pelatihan, workshop, diskusi, PA bisnis, KTB bisnis, mentoring, gathering bisnis dilakukan untuk menggiatkan dan memberi energi baru bagi tumbuhnya komunitas bisnis yang lebih maju dan berkembang. Setelah Kamp Nasional Alumni 2011 di Sukabumi, maka dimunculkan lah gagasan untuk menghimpun alumni di komunitas bisnis tersebut dalam bentuk koperasi alumni. Koperasi ini dirintis sebagai tindak lanjut dari Kamp Nasional Alumni (KNA) 2011 tersebut, dan sudah berbadan hukum sampai saat ini. Dalam perkembangannya, komunitas bisnis ini naik turun dalam aktivitasnya. Pada Kamp Nasional Alumni 2015, digelorakan kembali semangat untuk meningkatkan jejaring dengan para alumni Perkantas yang telah dan sedang merintis kewirausahaan.

Kamp Nasional Alumni 2015 menjadi salah satu milestone pengembangan komunitas bisnis graduate center Perkantas. Spirit yang dibawa para alumni dari KNA di Salatiga tersebut menggerakan alumni-alumni muda untuk melanjutkan regenerasi kepengurusan komunitas bisnis. Sebagai tindak lanjut dari KNA tersebut, maka GEC bertransformasi menjadi Sibisco (Synergy Business Community) dan telah membentuk kepengurusan baru untuk mendorong kegiatan kewirausahaan lebih aktif. Tugas besar pengurus yang baru adalah meneruskan jejak-jejak pelayanan komunitas bisnis yang sudah dirintis sejak SYOB sampai KNA 2015 ini supaya ada kesinambungan yang utuh dalam pelayanan dan tidak terpisah-pisah antar periode dan zaman. Tugas besar lainnya adalah mengaktivasi kembali semangat kewirausahaan alumni-alumni melalui program-program yang konkrit dan mempersiapkan alumni masuk dalam era persaingan bisnis antar negara yang kuncinya adalah “compete“, “connect“, “collaborate“.

website: http://sibis.co/